"

Sunday, January 8, 2012

Happy Kuncikan!

Satu  tahun yang lalu, tepat bulan Januari 2011. Kami landing di Manado. Tanpa mobil, karena bim2 tercinta masih otw di atas kapal PELNI dari Jayapura. So, naik taksi lah kami orientasi ceritanya. Wiiihhh kemana2 pada hari itu kejebak arak2an, pawai, atau sekedar kursi2 yang diatur sampai nutup jalan.... Hmmm... tahun baru sudah lewat, imlek belum lagi tiba. Apa gerangan? Pak taksi bilang, "ini perayaan kuncikan, mbak."
haaah? apa pula ituuuu? baru ngeh 1 tahun kemudian. Itu juga pas lihat postingan teman2 di FB. ada yg ngucapin met kuncikan, ada yg posting foto rame2 dalam rangka kuncikan.
KUNCIKAN atau kunci Tahun adalah salah satu budaya yang dilaksanakan sebagian warga Minahasa Selatan, sebagai puncak perayaan Tahun baru, yang dilaksanakan pada Hari Minggu terakhir bulan Januari.
Di sebagaian besar wilayah Minahasa terlebih didaerah Minahasa Selatan perayaan Kuncikan atau kunci tahun dirayakan sebagai ucapan syukur atas berkat Tuhan ketika memasuki tahun baru, yang substansinya adalah meminta perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, ketika akan mengarungi tahun berjalan. Perayaan ini juga dilakukan untuk saling mendekatkan keakraban antar sesama keluarga. 
sumber: http://www.manadotoday.com/kuncikan-ucapan-syukur-memasuki-tahun-baru/15711.html 
Kapan tepatnya perayaan ini berlangsung?

Kuncikan atau kunci tahun, sudah menjadi tradisi masyarakat Minsel dan Minahasa pada umumnya. Dimana tiap pekan di bulan januari dirayakan kuncikan, dan paling ramai adalah yang ke empat.
"Ini seperti menandai mengunci tahun dari kegiatan Natal dan Tahun Baru, yang perayaannya masih ada sisa-sisanya hingga Januari. Agak ramai Kuncikan terakhir, karena seperti kunci tahun dari segala perayaan," ucap Adri, pedagang sayur mayur di Pasar Amurang.
Sumber: http://manado.tribunnews.com/m/index.php/2011/01/29/sehari-jelang-kuncikan-terakhir-pembeli-sayur-meningkat 
Seru banget yaaaa... di daerah lain ada ga ya yang perayaan taun barunya diextend begini :) Sesuatu banget!

Harus dilestarikan nih ^_^

Ngapain aja sih saat kuncikan? Ni dia atraksi utamanya: Festival Figura
Tradisi budaya karnaval figura adalah tradisi yang rutin dilakukan warga masyarakat Titiwungen dan Kuhun Manado setiap mengakhiri bulan Januari. Masyarakat sering mengistilahkan tradisi ini sebagai tradisi kuncikan tahun, atau puncak dari seluruh kegiatan perayaan tahun yang baru.
Sumber: http://beritamanado.com/pariwisata/budaya/karnaval-figura-ramaikan-kunci-taong-di-manado/21783/ 
Karnaval figura ini biasanya diikuti dengan atraksi tarian daerah setempat dan kesenian musik tradisonal. Ibadah kuncikan pun digelar di berbagai gereja, dalam rangka ucap syukur kepada Tuhan dan memohon penyertaanNya dalam mengarungi tahun yang baru. Begitu katanya. Disamping atraksi utama dan ibadah tersebut, saat kunci tahun, atau kunci taong ini, masyarakat juga saling berkunjung satu sama lain, mengunjungi kerabat, tetangga, teman, dan tentunya...........
mengadakan makan2 bersama :)

Sekarang udah tau ya apa itu kuncikan ^_^

Happy Kuncikan untuk yang merayakan!

No comments:

Post a Comment