"

Sunday, March 31, 2013

Mencari Tujuan Liburan Anak yang Oke Punya

(Warning: Long post)
Salah satu pe-er orang tua yang punya anak usia TK dan SD yaitu mencari tempat main yang sesuai buat anak2 selain di rumah dan sekolah.



Nah,  bagi kami,  tempat favorit kami adalah PANTAI yang pertama. Mungkin karena babak pertama drama keluarga kecil kami dimulai di Jayapura,  dengan alamnya yang luar biasa indah,  terutama pantainya. Pantai holtekaamp, pantai Amay, Pantai dok 2, pantai hamadi,  pantai base G, diantara banyak pantai yang sangat indah yang sudah kami injak. Belum lagi di Manokwari. Wah Ancol mah lewaaaat heuheu. Di sana tidak perlu nyebrang ke pulau kecil untuk menikmati pantai yang indah.


Lain halnya dengan Manado. Pantai yang indah2 seperti pantai Pulau Lihaga dan Pulau Gangga harus dicapai dengan boat atau perahu kayu. Tapi sangat pantas dengan keindahan yang disajikan disana. Anak-anak bisa seharian terjemur matahari tanpa complaint disana.

Yang kedua,  kami penggemar outdoor playground atau playing field. Entah itu taman bermain dengan mainannya seperti Taman Lalu Lintas di Bandung, tempat naik kuda seperti di depan Kampus ITB,  Jl. Cisangkuy seputaran Taman Lansia, kavling stroberi, Resto Sumur Lembang Kencana,  sampai dengan yang pakai entrance fee seperti D'Ranch. 

Di Manado ada beberapa lapangan tempat kami mengajak anak-anak main bola atau sekedar berlarian. Lapangan Megamas dengan lapangan basketnya,  Lapangan Tikala dan Lapangan KONI dengan walking/running track dan soccer field-nya. Outdoor sites lain yang patut didatangi bersama anak-anak yaitu Pinggiran Danau Tondano (ya ealaaah, masak ditengah hihi), Bukit Doa dan Bukit Kasih. Dengan catatan,  anak anda seperti anak saya yang menyukai segala sesuatu yang lapang dan memungkinkan untuk berlarian.

Venue ketiga yaituuuuuu… Swimming Pool. Percaya gak percaya,  saking ga adanya kolam renang yang 'nggenah' di Jayapura,  kami selalu menyisihkan waktu untuk checkin di Swiss bel-hotel hanya untuk memakai fasilitas kolam renangnya. Hahaha. But it all worth while mengingat betapa cintanya anak2 dengan air.

Sekarang kami di Manado,  berenang bukan lagi hal yang sulit. Di tiap hotel kita bisa memakai fasilitas renangnya tanpa checkin. Yang sudah dicoba yaitu kolam renang hotel Novotel,  Swissbel,  Sintesa Peninsula,  Aryaduta,  dan yang paling sering di Sutan Raja. Karena lokasinya yang paling dekat dengan Manado Ring Road dimana kami tinggal. Kolam renang yang tidak bersatu dengan hotel yang cukup sering didatangi yaitu Kolam Renang Taman Sari,  bagian dari Perumahan Taman Sari Metropolitan di daerah Paniki bawah dan Citraland Waterpark. 

Yang terakhir,  last but not least,  yaituuuuu…  Tada! BONBIN maaaaaak! Yes,  kalo yang ini,  kami yg tua2 juga doyan. Selain nambah pengetahuan,  juga gapake acara basah-basahan,  meaning: no extra backpack and laundry. Yeeay. Start from Jayapura. Ga ada pastinya hihihi. Entah kenapa,  Jayapura ga punya zoo. Tapi punya yang namanya Penangkaran Buaya milik CV Bintang Mas. Lokasinya di Entrop,  pertengahan antara Jayapura Kota dan Kotaraja. Dekat dengan Playgroup Permata Hati-nya Najeela. Dan karenanya suatu hari anak2 unyil itu dibawa field trip ke Penangkaran Buaya itu. WOW sekali ya. Hillarious.

Di Manado ada Taman Margasatwa Tandurusa yang berlokasi di Bitung, berjarak 2jam menggunakan mobil dari Kota Manado. Hampir sama jauhnyanya dengan Cagar Alam Tangkoko. Keduanya terdapat di pinggir laut. Keren!

Anak-anak sama halnya dengan orang dewasa terkadang bisa menjadi moody di perjalanan kemanapun. Namun begitu sampai tujuan, semua lelah,  dongkol,  mabok,  dijamin hilang. So, don't hesitate about going somewhere farther than usual.  Heck. You've got the whole day! It's a holiday after all. Yang penting make sure everyone of you not complaining and  enjoying the process to get THERE.

How 'bout you? Where will you take your kiddos next holiday?