"

Sunday, May 12, 2013

Nasi Burger Rumahan



Bikin yuuuuuk… 

Gara-garanya kemarin lusa dinner di D'Grille Manado... Rada kecewa dengan kondisi bangunan yang makin lama makin tidak cantik lagi, ditambah dengan tidak adanya AC di indoor. Kami berempat memilih diluar. Japanese food place yang biasanya terang benderang saat itu gelap, menurut keterangan pelayan D'Grille, tempat itu tutup sementara karena 'orangnya sakit'. Gagal deh pesen Volcano Roll. Hmmm... Anyway, kami order Nasgorkam dan Nasi burger. Kebetulan, dari keterangan pelayan yang sama, nasi burger-nya tinggal 1 porsi terakhir. 

Nasgorkamnya enaaaak, karena kami request buat anak-anak, dibuat tidak pedas sama sekali, and it works, cocok. Nasi burgernya seperti biasa, seperti makan bistik buatan Yangti, nenek saya yang berdomisili di Surabaya dan suka sekali masak untuk anak cucunya. Meskipun ketebalan daging burgernya setengah dari saat pertama kali kami kesana (2 tahun yang lalu), ada nilai sentimentalnya mendapati citarasa barbekyu seperti itu di Manado.

Tadi sore saya ingat, ada sedikit daging giling beku di freezer. Kebetulan ingatnya pada saat lagi googling cari celana training untuk Najeela, jadi sekalian lah googling. Cari resep daging burger yang paling simple, beserta saus barbekyunya. Tada! Meskipun ga semua ingredientnya lengkap, tapi cuek beybeh... namanya juga nyoba. Ga enak ya coba lagi hehehehe Ngelesss ^_^

Untuk daging burgernya, saya nyontek disini: 
http://kreasiresepmasakan.blogspot.com/2012/11/resep-burger-daging-sapi-paling-enak-di.html

dan untuk sausnya, saya nyontek disini:
http://www.barasupercook.com/index.php/resep/49-saus-barbeque-untuk-steak

Waktu pembuatan: 30 menit
Berikut resep yang sudah dimodif sesuai ketersediaan bahan di dapur Green Hill -->

DAGING BURGER SIMPLE

Bahan:
200 gr daging Sapi giling
2 btr telur ayam, kocok lepas
2 sdm tepung tapioka
100 gr tepung roti putih



BUMBU HALUS :
4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada halus
1 sdt pala bubuk
1 sdm garam
Gula pasir secukupnya
Margarin secukupnya untuk menumis

CARA MEMBUAT :

  1. Siapkan wajan, panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Tambahkan daging giling, matikan api kompor. Masukkan telur ayam,tepung roti dan tepung sagu. Aduk sampai tercampur rata. Nyalakan kompor, masak selama +/- 5 menit. Angkat dan dinginkan di lemari es sampai adonan tidak lengket.
  3. Setelah dingin keluarkan dari lemari es lalu cetak bulat pipih, lakukan hingga adonan habis. 4 buah kalau tebal, bisa dapat 7 buah kalau dicetak agak tipis. Simpan dalam freezer sampai adonan membeku.
  4. Saat akan digunakan panggang terlebih dahulu dalam keadaan beku diatas teflon yg sudah dipanaskan menggunakan api sedang selama +/- 3/4 menit sambil dibolak-balik agar matang merata dan oleskan saus barbeque secara merata. Setelah daging matang angkat.
SAUS BARBEKYU SIMPLE
Bahan:
3 sdm minyak
3 siung bawang putih – cacah halus
8 sdm saus tomat
80 gram gula merah apa saja
3-4 sdm cuka
6 sdm kecap ikan
1/2 sdt merica hitam kasar (atau merica putih)
1 sdt garam.
Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga layu. Hati-hati jangan sampai gosong. Masukan semua bahan-bahan lainnya, aduk rata dan masak di atas api sedang hingga mulai panas. Setelah dingin, masukan dalam blender dan campur hingga halus (bisa juga menggunakan blender tangan). Kalau tidak diblender, bawang putih dicacah sangat halus. Gunakan sebagai olesan daging sebelum dipanggang dan sebagai saus steak.
Selamat menikmatiiiiiiiii :)
Powered by SimpleBizNet® http://goo.gl/mTCvb